Dapur Jiwa Pengertian, Manfaat dan Cara membuat Kopi Espresso

Pengertian, Manfaat dan Cara membuat Kopi Espresso


aeropress kopi, aeropress, aeropress go, resep es kopi susu, kopi sachet, kopi koboy, armor kopi, kopi daong, es kopi, kopi hitam

Pada artikel kali ini kita akan membahas secara lengkap tentang Kopi Espresso serta berbagai manfaatnya dan juga bagaimana cara membuat Kopi Espresso.

Apa itu Kopi Espresso?

Kopi espresso adalah jenis kopi yang diseduh dengan tekanan tinggi menggunakan mesin espresso. Hasilnya adalah kopi dengan tekstur yang kental dan cita rasa yang kuat. Hasilnya adalah kopi dengan tekstur yang kental dan cita rasa yang kuat, biasanya ditambahkan dengan susu atau creamer untuk menyeimbangkan rasa.

Kopi espresso biasanya disajikan dalam cangkir kecil yang disebut demitasse. Kopi espresso juga sering digunakan sebagai dasar untuk minuman kopi lainnya, seperti latte, cappuccino, dan macchiato.

Biji kopi yang biasa digunakan untuk membuat espresso adalah jenis kopi yang telah diroasting dengan tingkat medium atau dark roast. Hal ini karena roasting yang lebih tinggi akan menghasilkan biji kopi yang lebih halus dan lebih mudah ditekan melalui mesin espresso. Selain itu, biji kopi yang telah diroasting dengan tingkat yang lebih tinggi juga akan menghasilkan rasa yang lebih kuat dan kompleks.

Apa Manfaat Minum Espresso?

Manfaat meminum espresso adalah anda akan merasa lebih cepat terjaga dan lebih fokus. Espresso juga dapat meningkatkan metabolisme anda dan membantu meningkatkan fungsi otak anda. Selain itu, espresso juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Kopi espresso dapat mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan anda, terutama jika anda meminumnya tanpa gula atau pemanis lainnya. Antioksidan tersebut dapat membantu melindungi tubuh anda dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker.

Selain itu, kopi espresso juga dapat meningkatkan fungsi otak anda dan membantu anda lebih fokus. Namun, anda harus berhati-hati dalam mengonsumsi kopi espresso karena jika anda minum terlalu banyak dapat menyebabkan jantung berdebar-debar, sakit kepala, dan tidak nyenyak tidur. Jadi, sebaiknya konsumsilah kopi espresso dengan takaran yang tepat untuk mendapatkan manfaatnya.

Kenapa Takaran Espresso Sangat Sedikit?

Espresso adalah jenis kopi yang dibuat dengan menekan air panas melalui biji kopi yang telah dihaluskan, sehingga hanya menghasilkan sedikit cairan yang kental dan kuat rasanya. Hal ini membuat espresso memiliki rasa yang lebih intens dan pahit dibandingkan dengan jenis kopi lainnya.

Karena hanya menghasilkan sedikit cairan, maka jumlah espresso yang dihasilkan juga sedikit, sehingga anda perlu meminumnya dengan cepat sebelum rasanya menjadi pahit.

Bahan-bahan Untuk Membuat Kopi Espresso

Berikut adalah bahan yang diperlukan untuk membuat espresso:

  • Biji kopi yang telah dihaluskan
  • Air panas
  • Mesin espresso.
  • Cangkir kecil

Anda juga bisa menambahkan gula atau pemanis lainnya sesuai dengan selera anda. Untuk membuat espresso yang berkualitas, sebaiknya gunakan biji kopi yang telah ditumbuk dengan kasar sehingga air bisa mengalir dengan lancar saat diseduh.

Selain itu, anda juga harus menggunakan mesin espresso yang baik agar anda bisa mendapatkan espresso yang kuat rasanya. Jika anda tidak memiliki mesin espresso, anda juga bisa menggunakan alat seduh manual seperti French press atau AeroPress. Namun, hasil yang anda dapatkan tidak akan sama seperti yang dihasilkan oleh mesin espresso.

Langkah-Langkah Membuat Kopi Espresso

Jika semua bahan-bahan yang dibutuhkan sudah tersedia, sekarang Anda dapat membuat kopi espresso dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masukkan biji kopi yang telah dihaluskan ke dalam kopi yang ada di dalam mesin espresso. Jangan terlalu halus agar air bisa mengalir dengan lancar saat diseduh.
  2. Tekan biji kopi dengan sedikit air panas hingga terbentuk “crema” atau lapisan krim yang menutupi atas kopi.
  3. Kemudian tambahkan air panas sebanyak 30-40 ml ke dalam mesin espresso dan tekan dengan tekanan 9-10 bar.
  4. Tunggu hingga mesin espresso selesai menyeduh dan anda akan mendapatkan 1-2 ons (30-60 ml) espresso yang kuat rasanya.
  5. Jika anda ingin menambahkan gula atau pemanis lainnya, tambahkan saat espresso baru selesai diseduh.
  6. Aduk espresso dengan gula atau pemanis lainnya hingga tercampur rata, kemudian segera sajikan espresso sebelum rasanya menjadi pahit.

Berapa Takaran Kopi Untuk Espress?

Takaran yang tepat untuk membuat espresso adalah 7 gram kopi yang dihaluskan dengan kasar hingga ukurannya sebesar gula pasir. Kemudian takaran tersebut ditekan dengan air panas sebanyak 30-40 ml dengan tekanan 9-10 bar. Jika anda menggunakan mesin espresso yang baik, maka anda akan mendapatkan 1-2 ons (30-60 ml) espresso yang kuat rasanya.

Namun, anda juga bisa menyesuaikan takaran tersebut sesuai dengan selera anda. Jika anda ingin rasa espresso yang lebih kuat, maka anda bisa menambahkan sedikit lebih banyak kopi. Sebaliknya, jika anda ingin rasa yang lebih lembut, maka anda bisa mengurangi sedikit jumlah kopi yang anda gunakan.

Riky Hasibuan

Seorang Blogger &penikmat kopi apa aja yang penting bisa diseduh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas
close